Mirisnya Perkembangan Demokrasi di era Digital



KIMKKJ.or.id_ DIGITAL TALKS. Dengan mengusung tema "Media Digital dan Partisipasi Publik: Demokrasi di Era Digital". Acara ini selenggarakan dengan menggandeng beberapa pihak yakni Kominfo, HMI MPO, Ansor, IPNU, IPPNU. 


Pada kesempatan ini akan di kupas habis tentang  lika liku Demokrasi di era Digital oleh Pakde Dodik (founder santri design comunity) dan Mahfut Khanafi (founder Muda Bicara.com). Acara ini diselenggarakan di Aula Warkop Serambi Bedoyo, (Sungkur) Desa Blembem Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Senin 18/03/2024

Lokasi di Warkop Serambi Bedoyo


Turut hadir dalam acara ini Kominfo dari Jakarta, Cyber PW GP Ansor Jawa Timur, Ketua Umum PB HMI MPO,Ansor Jambon dan Badegan, IPNU/IPPNU Jambon dan Badegan, serta para aktivis media digital yang semuanya kurang lebih 150an orang. Acara berlangsung dengan khidmat dibuktikan dengan antusias peserta dalam mengikuti rangkaian kegiatan mulai awal sampai akhir.


Pak de dodik mengungkapkan "di generasi yang terkenal dengan Gen-Z,  ini tidak mau memikir keras lebih suka yang hepi-hepi dan tidak mikir berat seperti yang kita ketahui di Tiktok, Instagram, Facebook dan lain sebagainya. Sehingga kita sebagai pengguna medsos harus bisa memahami dan menguasai medan, karena roda kehidupan terus berputar"


150 peserta Digital Talk 


Selain itu Mahfut Khanafi mengingatkan ketika kita mendapatkan informasi dari media sosial, jangan langsung terburu-buru kita share, harus kita analisa kebenaran informasi tersebut. Anak-anak Gen-Z rata-rata sebagai konsumen media sosial hanya menggunakannya untuk eksistensi saja tidak memikirkan untuk keberlangsungan masa depan bangsa.



"Minimal temen-teman tergugah untuk kolaborasi dan bijak dalam menggunakan media sosial. Ingat demokrasi bisa habis bukan karena kudeta militer, tetapi demokrasi akan hancur ketika anak muda tidak membicarakan politik dan masa depan bangsa" tutupnya

No comments