Akibat Erupsi Gunung Semeru, Lumajang Hujan Kerikil

Foto: Semeru


KIMKKJ.or.id - Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, erupsi. Gunung api itu mengeluarkan asap pekat berwarna abu-abu berukuran besar. Akibat aktivitasnya itu, masyarakat panik dan histeris.

Gunung Semeru yang berketinggian 3.676 meter itu mengakibatkan hujan abu di sekitar Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Sejumlah warga di Kabupaten Lumajang mengisahkan hujan kerikil yang terjadi akibat Gunung Semeru erupsi pada Sabtu (4/12) sore. Selain itu, mereka juga dihujani lumpur akibat abu dan air hujan bersatu karena erupsi tersebut.

"Iya tadi sempat hujan kerikil. Sakit semua badan dan kepala ini," kata Heri, salah satu warga Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, seperti diberitakan detikcom, Sabtu (4/12).

Foto : Semeru


Anggota Polsek Candipuro yang sedang berjaga di sana bergegas meminta warga dan sopir-sopir truk pengangkut pasir segera menyingkir. Sebelumnya masyarakat berkumpul untuk melihat banjir lahar dingin yang menerjang kawasan itu.

Pertama ada letupan kecil, sekarang diperkirakan erupsi, kalau dari awan panasnya sudah kelihatan," kata Ismail anggota kepolisian yang berjaga pada saat itu.

Foto: Semeru


Setelah itu warga dan penambang pasir segera meninggalkan lokasi. Sementara hujan abu turun semakin pekat, disertai kerikil. 

Menurut berbagai sumber berita ada beberapa warga yang di laporkan hilang. BPBD dan intansi terkait terus mencari keberadaan warga yang di duga hilang tersebut.*crew_kimkkj.or.id.

No comments