Tukang Derep Menurun, Petani Datangkan Mesin Kombi

Foto: Panen Raya Padi


KIMKKJ.or.id - Panen raya tanaman padi di Desa Karanglo Kidul tengah berlangsung. Masyarakat umumnya puas dengan hasil panen kali ini karena tidak di serang hama wereng. Masyarakat umumnya bisa memanen hasil padinya 1 ton per petak (kotak). Minggu (05/12/2021)

Dilatarbelakangi menurunnya buruh pemanen padi atau "Tukang Derep" serta Perkembangan teknologi pertanian yang kian pesat ahirnya para petani bermusyawarah untuk mendatangkan mesin panen padi untuk mempercepat proses memanen padi.

Foto: Panen Raya Padi


Menurut Gimun (Kamituwo dukuh tengah) "Kita harus memperkenalkan alat ini kepada masyarakat karena kian hari pekerja pemanen padi kian menurun. Makanya kita harus antisipasi sebelum para pekerja sudah benar-benar tidak ada". 

Sumani menambahkan "Pada saat ini para pemuda sudah enggan bekerja berat seperti memanen padi, mereka lebih memilih merantau atau membuat usaha sendiri karna hasil lebih menjanjikan dan tidak terlalu berat."

Foto: Panen Raya Padi


Menurut pantaun dan hasil survei crew kimkkj memang pekerja buruh tani khususnya panen padi, memang sudah menurun drastis dan tidak ada regenerasi pemuda karena saat ini lebih memilih merantau atau berwirausaha karna pekerjaan lebih ringan.*crew_kimkkj.or.id.

No comments