Desa Karanglo Kidul siap melaksanakan Program Kesehatan Lingkungan Desa STBM tingkat Provinsi.

KIMKKJ.or.id- Puskesmas Jambon melaksanakan sosialisasi dan pemantapan desa STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) bersama Perangkat Desa dan Relawan di Desa Karanglo kidul, Senin 22/02/2021.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku masyarakat untuk hidup bersih dan sehat melalui pemberdayaan masyarakat. Lima pilar yang dilaksanakan yaitu stop buang air sembarangan, Cuci tangan pakai sabun, Pengelolaan air minum, Pengelolaan sampah, Pengelolaan limbah cair dengan benar.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) ini merupakan Program Pemerintah, dan merupakan strategi Nasional Sanitasi berbasis Masyarakat dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat, dengan melaksanakan lima pilar yang telah ditetapkan.

Desa Karanglo kidul setelah melalui tahap verifikasi program STBM oleh Dinas Kesehatan Kab. Ponorogo dan dinyatakan telah lolos menjadi Desa STBM tingkat Kabupaten, Kini Desa Karanglo kidul menjadi sasaran lokasi khusus (loksus) desa STBM tingkat Provinsi oleh tim verifikator Dinas kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Sosialisasi dan pemantapan Desa STBM ini dilaksanakan sebagai upaya peningkatan serta penyempurnaan lima pilar yang telah dilaksanakan masyarakat sebelumnya. 

"Dalam melaksanakan lima pilar yang telah dilakukan masyarakat, jangan sampai teledor dan harus lebih baik lagi. Apabila ada yang sebelumnya belum 100% penanganannya, dalam waktu dekat ini harus diselesaikan. Agar tercapai pola hidup sehat yang berawal dari lingkungan sekitar". Ucap islami

Dengan kita terus mensosialisasikan dan mengingatkan masyarakat, nantinya lima pilar yang dilaksanakan tersebut akan bisa menjadi kebiasaan pola hidup sehat yang dilakukan masyarakat umumnya.

Semoga dengan kita meningkatkan pola hidup bersih dan sehat, kita terbebas dari penyakit. Amien.

No comments