5 Tips Tetap Sehat Selama Musim Kemarau



KIM KKJ.or.id - Musim kemarau merupakan musim yang cocok untuk lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah. Anda bisa bebas beraktivitas tanpa khawatir hujan akan menghalangi dan membatasi ruang gerak Anda. Namun, hal ini bukan berarti Anda bisa benar-benar bebas menikmati musim kemarau. Ancaman kuman tetap perlu diwaspadai jika tidak ingin sakit. Salah satu bentuk pencegahan terhadap infeksi kuman adalah dengan cuci tangan pakai sabun. Selain itu, ada 5 cara lainnya yang bisa dilakukan untuk tetap sehat selama musim kemarau. Yuk, cek di bawah ini !


Banyak minum air putih 
Terik sinar matahari selama musim kemarau berisiko membuat tubuh cepat dehidrasi. Cairan tubuh cepat berkurang karena pengeluaran keringat yang berlebihan. Nah untuk mencegah dehidrasi, Anda disarankan untuk lebih sering minum air putih. Minumlah paling tidak 8 gelas air dalam sehari guna membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Hindari menghidrasi tubuh dengan minum soft drink atau minuman manis lainnya karena keduanya tidak membantu mengatasi dehidrasi yang dialami tubuh, malah justru dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes. 


Tidur cukup 
Tidur cukup minimal 8 jam sehari sangat disarankan untuk menjaga tubuh tetap sehat selama musim kemarau, terutama jika jadwal kegiatan Anda begitu padat di siang harinya. Dengan tidur cukup, Anda memberi tubuh waktu untuk beristirahat. Di saat inilah tubuh kembali memperoleh staminanya yang sempat hilang, sehingga saat bangun tidur Anda akan kembali merasa bugar. Jangan lupa untuk cuci tangan pakai sabun sebelum tidur, sehingga Anda bisa mengurangi intervensi kuman selama tidur.


Tetap aktif 
Meski sinar matahari sedang terik, Anda tetap disarankan untuk berolahraga. Pilihlah olahraga ringan yang Anda sukai, seperti berenang, senam aerobik, atau jogging. Jika tidak memungkinkan, lakukan kegiatan lain seperti berkebun dan bersepeda bersama keluarga. Kedua aktivitas tersebut bisa membantu Anda tetap aktif selama musim kemarau sehingga tubuh bisa tetap sehat dan bugar. Namun, pastikan untuk segera cuci tangan pakai sabun dan mandi setelah melakukan aktivitas tersebut. Dengan begitu, tubuh bisa kembali terbebas dari keringat, debu dan kuman.


Menghindari sinar matahari langsung 
Waspadalah akan bahaya sinar matahari selama beraktivitas di luar ruangan saat musim kemarau. Terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung hanya akan merusak kulit Anda. Dampak sinar UV yang dipancarkan matahari juga tidak baik bagi kesehatan. Untuk mencegahnya, gunakan tabir surya dengan minimal spf 15 untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV matahari. Penggunaan payung dan kacamata juga disarankan untuk melindungi area wajah dan mata.


Makan makanan bergizi 
Tubuh memerlukan asupan gizi yang cukup untuk bisa tetap sehat. Nah, agar tubuh tetap sehat selama musim kemarau, pastikan untuk mengonsumsi makanan seperti sayuran, kacang kacangan dan buah. Ketiganya kaya akan serat, phytochemicals, dan vitamin yang diperlukan tubuh untuk tetap sehat. Imbangi juga nutrisi yang diperoleh dengan kebiasaan sehat seperti cuci tangan pakai sabun sebelum makan guna mencegah kuman berpindah dari tangan ke mulut.


Menjaga tubuh tetap sehat saat musim kemarau memang tidak mudah. Intervensi kuman sering kali menggagalkan upaya untuk tetap sehat. Nah agar upaya Anda tidak sia-sia, coba lakukan kelima tips sehat di atas. Bagikan juga informasi ini pada anggota keluarga lainnya, ya, agar mereka bisa tetap sehat selama musim kemarau. 

Selamat beraktivitas!  

No comments