Kegiatan Pelestarian Budaya dan Kesenian Indonesia


PONOROGO- Beragam kesenian tradisional yang tumbuh dan lestari di Ponorogo mengilhami sekelompok masyarakat di Desa Karanglo kidul untuk melakukan eksperimen musik,Minggu (02/10).

Kolaborasi beragam kesenian tradisonal seperti calong, kecapi, rebana dan aneka alat musik tradisional lainnya mampu menghasilkan irama musik yang indah namun tetap lekat dengan nuansa etnisnya.

Masyarakat ini memanfaatkan waktu malam hari,mereka dengan bersama sama menuju Halaman Sekolah SDN 01 Karanglo Kiduluntuk belajar kesenian tradisional seperti calong, rebana kecapi.Gongdll.

Agar bisa menghasilkan irama musik kolaborasi yang indah, para Bapak Bapka ini harus belajar  memainkan aneka musik tradisional seperti kecapi, rebana dan calong.Di bawah bimbingan instruktur paraBapak Bapak kreatif ini tak kesulitan belajar dan memainkan aneka musik tradisional  dengan singkat.


Setelah mahir memainkan beberapa alat musik tradisional , mereka mencoba mengawinkan musik tradisional dengan Kesenian Reog Ponorogo sebagai pengiring latar kesenian Tari Reog.

Bapak Jono bersama kawan kawan lainnya memanfaatkan waktu malam hari untuk berlatih ataupun belajar Musik Tradisional.

Agar bisa melakukan eksperimen musik yang menghibur dan indah di telinga, Jono bersama yang lainnya harus belajar memainkan aneka musik tradisional seperti calong, rebana, kecapi dan aneka peralatan musik tradisional lainnya.

“Menyenangkan, saya sebetulnya dari dulu tertarik kesenian tradisional namun baru kali ini bisa belajar langsung,” tutur Jono.

No comments