Berikut Tips Mengisi Liburan dengan Hal yang Positif

 

Foto: pencabutan benih padi

KIMKKJ.or.id - Ponorogo 30 Desember 2021. Libur sekolah bagi siswa merupakan hal yang di nanti-nanti. Selain bisa bermain penuh sepanjang hari juga bisa untuk mengistirahatkan fikiran yang hari di warnai dengan materi pelajaran dan soal-soal yang harus di selesaikan. 

Namun tidak hanya itu, liburan sekolah juga bisa di isi dengan kegiatan lingkungan ataupun membantu orang tua. Tak hanya siswa, tenaga pendidik juga memanfaatkan hari libur untuk kegitan di rumah ataupun membantu pekerjaan orang tuanya. 

Liburan sekolah kali ini kebetulan bersamaan dengan musim tanam padi. Hal ini di manfaatkan salah seorang tenaga pendidik untuk membantu orang tuanya mencabut benih padi dari lahan penyemaian dalam istilah jawa namanya adalah "Ndaut". Menurut mas Fuad atau lebih familiarnya di sebut "Gus" menuturkan, liburan tidak hanya untuk bersenang senang namun melakukan kegiatan posiftif salah satunya membantu orang tua justru lebih bermanfaat. Beliau menambahkan berbakti kepada orang tua itu merupakan amal perbuatan baik yang di sunahkan nabi Muhhamad saw. Dalam hadistnya yang diriwayatkan oleh Anas bin malik, nabi menyebutkan "barang siapa diantaramu yang ingin di panjangkan umurnya dan dilapangkan rizkinya, maka berbaktilah kepada kedua orang tuanya dan menyambung silaturrahim".

Foto: Pencabutan benih padi


Bahkan di surat al isro ayat 23 Alloh SWT berfirman ÙˆَبِالۡÙˆَالِدَÙŠۡÙ†ِ اِØ­ۡسَانًا‌ yang artinya berbuat baiklah kepada kedua orangtua. Termasuk salah satu berbuat baik kepada orang tua itu adalah membantunya.

Mari bersama kita mengisi waktu libur kita dengan hal-hal postif, apalagi libur ini juga bertepatan dengan pergantian tahun. Semoga di tahun yang akan datang kita lebih baik dari tahun tahun-tahun yang sudah kita lewati.*bnr_kimkkj.or.id.

No comments