Loka Karya Mini Kampung KB Desa karanglo Kidul

Foto : Kegiatan Loka Karya Mini
KIMKKJ.or.id – Loka Karya Mini dari Dinas PP dan KB Kabupaten Ponorogo Bertempat di Balai Desa Karanglo Kidul Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo, Kegiatan Loka Karya Mini ini dalam rangka memfasilitasi pembinaan operasional petugas lapangan dan institusi masyarakat. Rabu, 07/10.

Dalam acara tersebut diikuti oleh Petugas Lapangan ( PL ) KB, Kepala Desa beserta Perangkat Desa Karanglo Kidul, Kader dan mengundang narasumber dari PP&KB ( Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana ), Drs. Ahmad Ghufron Fuadi M. Kes sekretaris PP&KB Ponorogo.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Karanglo Kidul Islami, S.H, yang juga selaku narasumber memaparkan materi KB dan Kesehatan sekaligus Kegiatan Ekonomi.

Foto : Pemaparan Materi KB dan Kegiatan Ekonomi oleh Kepala Desa Karanglo Kidul
 

Saya ucapkan Apresiasi yang sebesar besarnya kepada kader Kader yang telah bekerja keras sehingga Desa Karanglo Kidul menempati posisi rangking 10, dari rangking tersebut dapat kita artikan kesadaran masyarakat terkait KB sudah membaik. Ucap Islami.

Foto: Rapat Koordinasi Dinas PP dan KB dengan Kepala Desa Karanglo Kidul

 

Kegitan Ekonomi terbagi menjadi 3 yaitu Kegiatan Produksi, Kegiatan Distribusi dan Kegiatan Konsumsi. Imbuh Islami.

Dalam penyampaiannya, Drs. Ahmad Ghufron Fuadi M. Kes, Kampung KB merupakan salah satu program KEMENDES untuk menggarap bagaimana masyarakat desa diseluruh Indonesia dengan harapan agar masyarakat di drsa betul" mensukseskan seluruh program KB dan program sektor pembangunan lainnya. 

Berdasarkan Laporan Bu Lurah dan Koord penyuluh KB kec. Jambon bpk. Mulyoto, bahwasannya kegiatan di kampung KB desa Karanglo Kidul sudah berjalan dengan baik karena didukung oleh kader" yang top sehingga program terlaksana dengan maksimal.

1. RKM disusun untuk memastikan adanya kegiatan di kampung KB dengan menyesuaikan kebutuhan potensi desa yang ada dan sebagai alat evaluasi serta monitoring di kampung KB.

2. Penguatan Rumah Data

Terbentuknya kampunh KB secara langsung perlu adanya rumah data. Ucap Ahmad Ghufron Fuadi.

"Rumah data sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan yang mencakup sistem pengelolaan data kependudukan mulai dari identifikasi, mengumpulkan, memverifikasi data kependudukan (Jumlah penduduk, proyeksi penduduk, LPP, indeks pembangunan Manusia, dll) yang bersumber dari, oleh dan untuk masyarakat."Imbuh Ahmad Ghufron Fuadi.

Semoga kedepan kesadaran masyarakat terkait KB semakin meningkat.*linda/crewkimkkj

No comments