Suasana Anak Anak di Rumah Baca Desa Bringinan

Foto : Suasana Rumah Baca Di Desa Bringinan

Kebutuhan pendidikan tidak semata untuk materi pendidikan umum saja. Belajar agama dan sopan santun harus seiring

KIMKKJ.or.id _ Bringinan, 16 Februari 2019, Malem minggu ini saya berkesempatan berkunjung ke Desa Bringinan untuk melihat apa yang di lakukan anak anak di rumah baca Bringinan. Saya pun terkejut ternyata pada malam minggu di sini di ajarkan cara bicara dan mengenali budaya jawa.

Di sini anak anak usia sd di ajari bahasa jawa dan juga mengenali beberapa benda atau barang dalam bentuk sudut pandang bahasa jawa. Di lingkungan pedesaan di menuntut untuk anak agar bisa bicara dengan bahasa jawa yang baik dan benar.

Karang taruna sebagi tokoh pemuda sebagai penggerak keberlangsungan pendidikan bahasa jawa usia dini di desa bringinan ini tentunya juga di dukung langsung oleh pemerintah desa.

Untuk siswa yang belajar idi sini tentunya anak anak dari penjuru desa bringinan. Menurut Langgeng (pengajar pada malam ini) tujuan anak di didik berbahasa jawa bertujuan agar anak mempunyai sopan santun berbahasa jawa yang baik terutama kepada orang yang lebih tua atau tokoh" masayarakat.

Di setiap malem minggu dari beberapa pemuda karang taruna desa bringinan bergantian untuk mengajarkan kepada anak anak secara bergantian belajar bahasa jawa dengan baik dan benar.

Harapan ke depan menurut karang taruna yang saya temui pada malam hari ini agar di setiap desa di tekan kan untuk bisa di adakan agar anak dari usia dini sudah fasih berbahasa jawa dengan baik.*(kimkkj/bm).

No comments