TPID Kec. Jambon Replikasi Inovasi Desa di Desa Geni Langit


KIM KKJ - TPID Kecamatan Jambon dan Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo melakukan replikasi inovasi desa di desa Geni Langit Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan, Sabtu (26/1).

Kegiatan replikasi ini di gelar di balai Desa Geni Langit dan di ikuti oleh Bpk Camat, PD, PLD, dan Kepala desa, dengan tujuan untuk meningkatkan potensi wisata alam desa.

Desa yang di ikut sertakan dari Kecamatan Jambon yaitu Ds. Sidoharjo, Ds. Bulu lor, dan Ds. Jonggol. Dengan mengikutkan perwakilan karang taruna dan pengurus BUMDesa.


Camat Kecamatan Jambon Gulang Winarno mengatakan, Program pemerintah kabupaten Ponorogo adalah meningkatkan wisata yang ada di wilayah Ponorogo.

"melalui dinas pariwisata nantinya pemerintah Kabupaten Ponorogo akan menjadikan Ponorogo sebagai kota wisata, dengan cara mengembangkan wisata yang ada di Ponorogo," Ujarnya.

Sementara itu, Ketua TPID Kecamatan Jambon Langgeng Hartono menerangkan bahwa beberapa desa yang ada di kecamatan jambon memiliki potensi wisata alam yang bisa di tiru.

"sebagian desa di kecamatan jambon adalah daerah pegunungan, dengan begitu inovasi yang ada di desa geni langit bisa direplikasi dan bisa dijadikan sebagai inovasi desa wisata karena memiliki potensi yang sama," kata Langgeng.

Selain meningkatkan PAD, program inovasi desa ini juga bertujan untuk meningkatkan sumber daya manusia.

“Disisilain pada inovasi desa ini ada bidang khusus Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) yang bertujan untuk meningkatan kemampuan SDM dan nantinya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.  (kimkkj/ms)




No comments