4 Kiat Mudah Amankan Akun Facebook Anda





KIM KKJ.or.id - Hadirnya media sosial seperti Facebook memang semakin memudahkan pengguna untuk selalu terhubung dengan teman dan keluarga. Tetapi, kadang pengguna Facebook tidak menyadari betapa banyaknya data mereka yang dimiliki oleh media sosial tersebut yang mungkin rentan bocor.

Sejak merebaknya skandal kebocoran data pengguna yang juga melibatkan perusahaan analisis data Cambridge Analytica, Facebook terus mengedepankan keamanan data penggunanya. Facebook juga memiliki beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya untuk mengamankan data pribadinya. 

Berikut KIM KKJ membagikan beberapa tips dan trik yang dianjurkan Facebook kepada penggunanya untuk mengamankan datanya:


1.  Pemeriksaan Keamanan secara rutin

Pemeriksaan Keamanan akan membantu pengguna untuk meninjau dan menambah keamanan akun pengguna. Pemeriksaan Keamanan memiliki beberapa fungsi yaitu, mengeluarkan akun Facebook dari aplikasi dan browser yang sudah tidak digunakan, mendapatkan notifikasi jika seeorang ingin mengakses akun pengguna dari perangkat yang tidak dikenali, dan mempelajari cara melindungi kata sandi pengguna.


2. Mengaktifkan fitur keamanan ekstra Facebook

Fitur autentikasi dua faktor merupakan salah satu fitur terbaik industri dalam memberikan keamanan ekstra bagi pengguna layanan internet. Dengan metode autentikasi ini, setiap pengguna ingin masuk ke akunnya menggunakan perangkat baru, Facebook akan memberikan notifikasi atau email yang berisi kode khusus untuk menyelesaikan proses masuk ke Facebook.

Pengguna Facebook dapat mengaktifkan autentikasi dua faktor melalui bagian Keamanan dan Info Login di Pengaturan.


3. Meninjau aplikasi apa saja yang terhubung dengan akun anda

Pengguna yang sering menggunakan opsi "Masuk dengan Facebook" untuk mengakses aplikasi lain harus secara berkala meninjau aplikasi yang terhubung dengan akun Facebook-nya. Tinjauan rutin ini akan membantu pengguna untuk memastikan akun Facebook-nya hanya dihubungkan ke aplikasi yang dipercaya dan digunakan secara rutin.


4. Cari tahu tentang Log Aktivitas anda

Log Aktivitas adalah fitur Facebook yang mencatat semua aktivitas yang dilakukan pengguna secara kronologis, dimulai dari yang paling baru. Aktivitas yang disimpan termasuk postingan yang anda sukai, postingan yang anda komentari, permintaan teman yang anda terima, tempat yang anda singgahi atau foto tentang anda, dan lain-lain.

Sebaiknya, pengguna meninjau Log Aktivitasnya secara rutin, sehingga jika ada aktivitas yang dinilai mencurigakan dapat dideteksi dengan cepat. Pengguna dapat menemukan Log Aktivitas di pojok kanan bawah foto sampulnya.

Demikan artikel dari kami semoga dapat bermanfaat.

No comments