Pos Pelayanan Terpadu lanjut Usia (Posyandu Lansia) Desa Karanglo kidul

Foto Posyandu Lansia

KIMKKJ.or.id - Pemerintah Desa Karanglo Kidul Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo  mengadakan layanan kesehatan kepada masyarakat bertempat di Balai Desa Karanglo Kidul.Selasa, 8/14/2018.

Pos pelayanan terpadu lanjut usia (Posyandu Lansia) ini di ikuti oleh 70 orang lansia yang berada di Desa Karanglo kidul Kecamatan Jambon kabupaten Ponorogo.

Posyandu Lansia ini untuk memberikan edukasi tentang kesehatan dan melakukan pemeriksaan  kepada masyarakat usia lanjut. Kegiatan itu rutin dilakukan sebulan sekali.


PJ Seketaris Desa Karanglo kidul Katenun menerangkan Posyandu Lansia menjadi solusi untuk memberikan edukasi kesehatan dan melakukan pemeriksaan kepada masyarakat usia lanjut. Bentuk pelayanannya adalah melakukan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan mental emosionalnya.

Dengan demikian, bisa diketahui lebih awal penyakit yang diderita atau deteksi dini terhadap ancaman masalah kesehatan yang dihadapi. ”Ini merupakan salah satu kegiatan yang berbasis langsung dan dirasakan langsung oleh masyarakat,” Ucap Katenun



Katenun menambahkan, Posyandu Lansia melibatkan Bidan kesehatan serta bekerja sama dengan relawan kesehatan Desa karanglo kidul. Dengan begitu, bisa meningkatkan status kesehatan masyarakat secara umum dan kelompok usia lanjut khususnya. ”Kegiatan Posyandu Lansia dilakukan secara rutin satu bulan sekali di tiap desa,” Imbuh Katenun.

Sasaran program tersebut adalah kelompok pra-usia lanjut 45–59 tahun dan kelompok usia lanjut kurang lebih 60 tahun ke atas. Kemudian, sasaran tidak langsungnya adalah keluarga usia lanjut dan organisasi sosial yang bergerak dalam pembinaan usia lanjut.

”Dengan adanya kegiatan ini, Memberikan kemudahan dan meringankan biaya bagi masyarakat lansia. Semoga ke depan kegiatan ini akan semakin baik dan diterima masyarakat. Amin,” *(hk).

No comments