Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Anak Usia Dini

Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Anak Usia Dini

Perkembangan teknologi saat ini sangatlah maju. Dengan demikian teknologi juga sangat mempengaruhi  perkembangan anak usia dini, karena teknologi adalah salah satu yang disebut juga sebagai alat/media pembelajaran yang sangat efektif. Jadi tidaklah heran dizaman sekarang ini kita melihat banyak sekali anak-anak usia dini yang memegang “ gadget ” dan sebagainya. Maka dari itu gejed juga memiliki nilai dan manfaat tersendiri bagi kalangan masyarakat itu sendiri. Terdapat nilai-nilai dalam menggunakan gadget  yaitu nilai positif dan negatifnya.

Tidak dapat kita pungkiri bahwa sekarang teknologi berkembang kian pesatnya, hal ini juga sangat memudahkan manusia baik itu dalam berkomunikasi dan lain sebagainya, salah satunya yaitu seperti Hp dimana hp ini memiliki banyak manfaat seperti salah satunya yaitu untuk menanyakan kabar, memeberikan informasi dengan orang yang berada diluar kota misalnya, hanya dengan telfon saja kita sudah tau kabar seseorang itu seperti apa tanpa kita harus menjenguk ke rumahnya langsung.

Gadget adalah sebuah perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis dan mudah terjangkau. Dalam perkembangan teknologi jelas sangat mempengaruhi anak. Karena teknologi merupakan media pembelajaran yang sangat efektif. Dengan kemajuan teknologi juga dapat membantu daya kreatifitas anak, jika manfaatnya diimbangi dengan interaksi dengan lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Dengan selalu membebaskan anak dibawah umur menggunakan teknologi yang terlalu canggih salah satunya gadget. Untuk itu peran orang tua sangatlah penting dalam perkembangan anak-anaknya.

Gadget  semakin hari semakin canggih dan secara tidak sadar gedjet juga membuat ketergantungan bagi anak-anak usia dini. Seperti halnya mereka mengonsumsi makanan kesukaanya mereka seperti itu pula dengan gedjet sudah tidak terlepas dari ingatanya dan malah mereka dibuat ketagihan oleh gedjet tersebut.

Gadget  ini juga memiliki dampak positif dan negtaif bagi perkembangan anak usia dini diama yang menjadi dampak positifnya disini yaitu menambah pengetahuan, melatih kreatifitas anak-anak, mempermudahkan dalam berkomunikasi dan bisa mendapat teman baru juga baik itu diluar lingkungan temapt tinggal dan sebagainya. Dampak negatifnya disini yaitu pertama dapat mengganggu perkembangan anak, maksudnya disini yaitu dimana anak usia dini dalam menggunakan gedjet itu perlu pengawasan dari orang tua agar anak tersebut tidak sering-sering memegang Gadget  , dan yang kedua yaitu dapat mengganggu kesehatan, hal ini sangatlah memprihatinkan bagi perkembangan seorang anak usia dini yang menggunakan gedjet dimana kurangnya mereka istrahat dan bisa terkena efek radiasi dari teknologi tersebut itu sangat berbahaya sekali bagi anak-anak usia dini dan efek dari radiasi yang berlebihan bisa menyebabkan kanker.

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan hidup manusia. Sedangkan gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa inggris yang artinya elektronik yang memiliki fungsi khusus. Teknologi sangat jelas dapat mempengaruhi perkembangan anak usia dini. Karena sebuah perangkat teknologi merupakan media pembelajaran yang sangat efektif. Dengan adanya terampil gambar yang bisa bergerak, efek suara, atau nyanyian membuat media pembelajaran dengan memanfaatkan perangkat teknologi sangat disukai oleh anak-anak jaman sekarang. 

Jadi diharapkan bagi orang tua yang memiliki anak usia dini, jangan terlalu membebaskan mereka dalam menggunakan Gadget  , kontrol mereka dan berikan pemahaman tentang bahaya dalam menggunakan Gadget  berlebihan dan dampaknya seperti apa.

No comments