“Agent Of Change” Pemuda Membangun Lewat Perubahan

“Agent Of Change”
Pemuda Membangun Lewat Perubahan

Pemuda merupakan salah satu pilar penting dalam membangun Indonesia menjadi negara yang maju, aman, damai, dan terdepan. Mendengar kata pemuda saja, pasti hal pertama yang terlintas di kepala kita adalah tentang semangat, energic, dan idealisme. Memang sederetan kata itulah yang kurang lebih menggambarkan betapa hebatnya kobaran perubahan yang diusung oleh kelompok pemuda. Pemuda merupakan tokoh “pertengahan” antara anak-anak dan orang tua. Dengan peranannya yang cukup strategis tersebut, seorang pemuda mampu menyuarakan perbaikan secara lebih kuat dan tegas. Demikianlah adanya, potensi pemuda sungguh tak diragukan lagi keshahihannya.

Banyak permasalahan di Indonesia yang dapat diselesaikan oleh pemuda sebagai generasi muda bangsa. Pemuda dapat didefinisikan sebagai aktor utama dalam penyelesaian masalah di Indonesia, baik permasalahan dalam bidang politik, ekonomi, sosial maupun culture. Pemuda sangat berpengaruh penting pada kehidupan Indonesia. Mengapa harus pemuda? Pemuda adalah harapan bangsa, ia adalah agen-agen perubah di negerinya berada. Tapi lebih dari itu, pemuda bak motor gerakan sebuah identitas yang ingin selalu membuat perubahan demi terciptanya cita. Umur dan watak adalah dua unsur penting dalam identitas pemuda sekaligus pembeda dengan golongan lainnya : kaum tua, balita, anak-anak, dan remaja. Jika dilihat dari usia ataupun fisiknya, pemuda mempunyai kekuatan yang lebih besar dan semangat yang membara seperti api yang tak pernah padam bila dibandingkan dengan anak-anak dan lansia. 
Pemuda mempunyai banyak potensi besar untuk membangun Indonesia dengan politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang sangat berkualitas. Biasanya pemuda itu tidak akan pernah menyerah ketika apa yang dilakukannya dinilai gagal. Justru pemuda akan semakin termotivasi untuk melakukan hal yang baik, apalagi untuk Indnesia. Seperti halnya para ilmuwan yang berkali-kali gagal dalam melakukan percobaannya, namun mereka pantang menyerah dan tak pernah putus asa. Mereka terus melakukan percobaannya sampai akhirnya mereka berhasil. Sejarah telah membuktikan bahwa pemuda berperan penting dalam kemerdekaan Indonesia. Dimana saja, di negara mana saja kemerdekaan tak pernah luput dari peran pemuda. Karena pemudalah yang paling bersemangat dan ambisius memperjuangkan perubahan menuju lebih baik.     

 baca juga :organisasi-pemuda-karanglo-kidul_24.html

Pemuda sangat berpotensi dalam perubahan Indonesia menjadi lebih baik karena pemuda sebagai agent of change (agen perubahan). Peran pemuda sangat penting sebagai aktor perubahan secara horizontal, komitmen kebangsaan pemuda yang tercetuskan lewat sumpah pemuda harus tetap menjadi spirit gerakan kepemudaan, di mana pun dan kapan pun mereka berjuang. Dalam konteks menjaga komitmen kebangsaan yang diimplementasikan dalam kehidupan sosial-kemasyarakatan di Indonesia, pemuda harus peka membaca potensi-potensi konflik yang dipicu akibat perbedaan latar belakang budaya di Indonesia. Misalnya, permasalahan Indonesia dalam bidang sosial-politik. Dalam hal ini, peran pemuda dalam konteks perubahan sosial politik menjadi semakin penting karena ia mampu memainkan perannya sesuai dengan kemampuan dan profesionalismenya. Dalam konteks ini pula, gerakan pemuda yang termanifestasikan dalam gerakan pemuda terpelajar di Indonesia memiliki andil yang cukup besar sebagai aktor perubahan (agent of change). Di dalam struktur sosial-politik yang tengah berubah, peran pergerakan sangat strategis sebagai aktor penggerak perubahan tersebut.
Reformasi tidak jadi katalisator proses pencerahan kehidupan berbangsa dan bernegara, malah sebaliknya. Sekarang pemuda lebih banyak melakukan peranan sebagai kelompok politik dan sedikit sekali yang melakukan peranan sebagai kelompok sosial, sehigga kemandirian pemuda sangat sulit berkembang dalam mengisi pembangunan ini. Peranan pemuda dalam kegiatan sosial itu sangat dibutuhkan untuk mengisi pembangunan dengan menciptakan kewirausahaan dalam pembangunan dan meningkatkan pengetahuan tentang ilmu dan teknologi serta mengembangkan jiwa, daya pikir, inovasi, kreativitas dan kewirausahaan pemuda dalam rangka mempersiapkan pemimpin masa depan berkualitas.
Dalam konteks kehidupan bangsa Indonesia yang multiculture, ketika masing-masing tidak bisa saling memahami, sudah barang tentu akan memicu konflik yang akan mengundang masalah bagi masa depan kemanusiaan. Konflik yang pada mulanya berawal dari perbedaan prinsip dan kepentingan antar manusia justru paling sering berbuah bencana kemanusiaan. Tidak jarang konflik-konflik yang terjadi berbuah kerusuhan dan bahkan pembunuhan. Fakta inilah yang menjadi alasan pokok, jika perbedaan dalam konteks masyarakat multiculture tidak bisa disikapi secara bijaksana, justru akan melahirkan bencana bagi kemanusiaan. Atas dasar inilah, pemuda yang berperan sebagai aktor perubahan sosial harus memiliki wawasan kebangsaan multiculture. Ketika pemerintah tidak mampu mengontrol masyarakat, pemuda memainkan peranannya sebagai kontrol sosial yang efektif. Oleh karena itu, sudah sepantasnya wawasan kebangsaan multiculture menjadi agenda besar bagi bangsa Indonesia dalam mewujudkan konsep kehidupan yang berkeadilan dan demokratis.
Dari fakta-fakta yang dijelaskan sebelumnya, telah terbukti bahwa pemuda merupakan pilar penting sebagai agent of change (agen perubahan) dalam membangun Indonesia menjadi negara yang aman, maju dan berkualitas di mata Internasional. Perubahan menjadi indikator suatu keberhasilan terhadap sebuah gerakan pemuda. Perubahan menjadi sebuah kata yang memiliki daya magis yang sangat kuat sehingga membuat gentar orang yang mendengarnya. Kekuatannya begitu besar hingga dapat menggerakkan kinerja seseorang menjadi lebih produktif. Keinginan akan suatu perubahan melahir sosok pribadi yang berjiwa optimis. Optimis bahwa hari depan pasti lebih baik.
sumber: http://mathe25.blogspot.co.id/2013/01/agent-of-change-pemuda-membangun-lewat.html 

No comments