Cabai rawit tembus 100 ribu, Pasar Sepi pembeli

 Rasanya Pedas Harganya juga Pedas




KIMKKJ.or.id Harga Cabai beberapa hari ini kian melonjak dengan cepat. Dari hasil pantauan crew KIMKKJ di beberapa pasar tradisional di wilayah Ponorogo saat ini menyentuh Harga Rp 105.000 per 1 kilogram.




Hal ini berdampak pada penjualan di tingkat pasar menurun drastis. Menurut para pedagang yang kami wawancarai menuturkan, Harga cabai beberapa hari terakhir terus mengalami kenaikan harga. para pedagang juga tidak berani belanja banyak di khawatirkan adanya penurunan harga yang drastis.


Melonjaknya Harga cabai kemungkinan besar di sebabkan karna petani pada saat ini belum bisa menanam di karenakan musim penghujan yang datang terlambat. Juga pengaruh kondisi alam yang belum menentu.


Saat kami menemui salah satu petani cabai di persawahan wilayah ponorogo Barat menuturkan. Saat saat ini perawatan cabe itu sangat sulit karna pengaruh cuaca. petani tersebut juga menuturkan penyakit daun "Bule" atau daun memutih juga membuat hasil panen juga menurun drastis. Sehingga harga Cabai sangat mahal.


Fenomena seperti ini sebenarnya setiap tahun bisa di prediksi, namun juga perawatan cabai di musim mendekati penghujan seperti ini juga sangat sulit dan butuh perawatan ektra.


Di sisi lain petani senang dengan harga cabai yang mahal, sementara konsumen merasa keberatan. Ibarat pepatah Petani senang, masyarakat meradang. Itulah sekilas informasi tentang kenaikan Harga Cabai di Pasar Tradisional Ponorogo 

Bembi Crew Kimkkj


No comments