IRMADA Peringati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW


Foto : Anggota IRMADA



KIMKKJ.or.id - Ikatan Remaja Masjid Darul Huda (IRMADA) Dusun Kiringan Desa Karanglo Kidul Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo mengadakan peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW  di Masjid Darul Huda.Selasa (4/3).

Pada kegiatan ini anggota IRMADA memperingati dengan tabuhan alat musik kompang disertai lantunan Sholawat Sholawat

Secara istilah, Isra adalah perjalanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pada suatu malam dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina. sedangkan Mi’raj secara bahasa artinya adalah naik. Secara istilah adalah naiknya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ke sidratul muntaha.



Adapun hikmah dari peristiwa Isra Miraj adalah sebagai berikut, 
  1. Setelah cobaan datang silih berganti, bahkan Rasulullah mengalami tahun duka cita, Allah memberinya tasliyah (hiburan) dengan isra miraj ini.
  2. Rasulullah memilih susu untuk beliau minum sebelum mi’raj lalu Jibril memujinya. Ini menguatkan bahwa Islam adalah agama fitrah dan kesucian.
  3. Shalat Rasulullah bersama para Nabi di Baitul Maqdis menunjukkan kedudukan beliau sebagai pemimpin para Nabi.
  4. Sesungguhnya Masjid Al Aqsha memiliki kaitan erat dengan Masjidil Haram.Masjid Al Aqsha merupakan tempat isra’ Rasulullah dan kiblat pertama umat Islam.Karenanya umat Islam harus mencintai Masjid Al Aqsha dan mempertahankannya dari segala upaya penjajah Yahudi yang hendak mencaplok dan merobohkannya.
  5. Urgensi shalat dan kedudukannya yang agung.
  6. Jika perintah lain cukup dengan wahyu melalui Malaikat Jibril, perintah shalat langsung diturunkan Allah kepada Rasulullah tanpa perantara Jibril. Shalat ini pula yang menjadi inti tasliyah (hiburan) bagi hambaNya.
  7. Rasulullah hendak mencapai fase baru yakni hijrah dan mendirikan negara Islam di Madinah. Maka Allah memurnikan barisan dakwah dengan isra miraj.
  8. Orang-orang yang tidak kuat aqidahnya dan mudah goyang keyakinannya, mereka murtad setelah diberitahu tentang isra miraj. Adapun yang imannya kuat, mereka justru semakin kuat imannya.
  9. Keberanian Rasulullah SAW sangat tinggi dalam berdakwah dengan menyampaikan isra miraj kepada mereka.


Kegiatan tersebut di ikuti masyarakat sekitar beserta  seluruh anggota IRMADA.* (hk/kimkkj)


No comments