Yasinan dan Tahlilan, Cara IRMADA Jalin Soliditas

Foto IRMADA saat istirahat setelah Tahlilan dan Yasinan

KIMKKJ.or.id - Sekelompok remaja yang menamakan diri IRMADA (Ikatan Remaja Masjid Darul Huda)  berkomitmen mengisi aktivitas organisasi mereka dengan kegiatan mingguan ataupun setiap malam jumat dengan kegiatan yang positif.

Berdasarkan hasil musyawarah bersama, wadah remaja yang ada sejak tahun 2007-an ini menetapkan pembacaan Yasin dan Tahlil sebagai kegiatan rutin para Remaja Masjid Darul Huda setempat.

IRMADA merupakan organisasi Independen, Sosial dan Religius yang beranggotakan para Remaja Masjid yang berdomisili di Dusun Kiringan Desa Karanglo kidul Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. 

Kegiatan Yasin dan Tahlil ini rutin di gelar tiap malam kamis sekaligus bergilir dari setiap rumah anggota ke anggota lain.

Tahlilan, yasinan  merupakan tradisi yang telah di anjurkan bahkan disunnahkan oleh Rasulullah dan para sahabatnya. Yang di dalamnya membaca serangkaian ayat-ayat al-Qur’an, dan kalimah-kalimah tahmid, takbir, shalawat yang di awali dengan membaca al-Fatihah dengan meniatkan pahalanya untuk para arwah yang dimaksudkan oleh pembaca atau yang punyak hajat, dan kemudian ditutup dengan do’a. Inti dari bacaan tersebut ditujukan pada para arwah untuk dimohonkan ampun kepada Allah, atas dosa-dosa arwah tersebut.www.nu.or.id )

Bagi IRMADA, kegiatan ini merupakan bagian dari aktivitas yang sejak lama dilakukan secara turun temurun. Selain mengandung unsur ibadah, kegiatan ini juga dinilai sebagai sarana mempererat hubungan emosional dan silaturahim para Remaja di kawasan Masjid Darul Huda. 

Organisasi IRMADA ini juga menjadi wadah yang menampung aspirasi pemuda dan masyarakat untuk kemudian menganalisanya dan memcahkan berbagai persoalan sosial khususnya yang berkembang di lingkungan sekitar.*(hk) 

No comments