Belajar Pengelolaan BUMDes, Pengurus BUMDes Jambon Study Banding ke Kota Blitar




PONOROGO.KIM KKJ – Kepala Desa (KaDes) dan  Pengurus BUMDes Se Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo melakukan studi banding di Desa minggirsari kecamatan Kanigoro Kota Blitar Jawa Timur (Jatim), Sabtu,11/18/.Studi banding ini guna mempelajari mengenai pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).


Menurut Niken selaku pengurus BUMDes Desa Karanglo kidul "Kami melakukan study banding guna mempelajari pengelolaan,manajemen dan sistemnya  dengan harapan bertujuan agar setiap masyarakat desa mampu mengoptimalkan pendapatan asli desa, kemampuan dan kreatifitas sumber daya manusia dan dapat meniru desa-desa yang telah sukses menerapkan sistem yang ada".(18/11).



"Seperti yang telah kita tau bahwa BUMDes di Kecamatan Jambon baru mulai berdiri tahun 2016 kemarin,itupun di bentuk karena setiap Desa di wajibkan untuk memiliki BUMdes sesuai dengan UUD yang telah di atur oleh Pemerintah bukan atas dasar kesadaran dari Masyarakat.
Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bertujuan sebagai penggerak pembangunan lokal tingkat desa. Pembangunan ekonomi lokal desa ini didasarkan oleh kebutuhan, potensi, kapasitas desa, dan penyertaan modal dari Pemerintah Desa dengan tujuan akhirnya meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa."Imbuh Niken.11/18.

Semoga dengan di adakannya Study Banding ini BUMDes mampu menjadi penggerak ekonomi masyarakat sekaligus mampu meningkatkan tarif ekonomi masyarakat.

#HK
#CREWKIMKKJ


No comments