Asal Usul Layangan

Gambar Illustrasi Layang Layang
KARANGLO KIDUL - Siapa yang tak tahu tentang permainan yang satu ini, bukan saja anak-anak yang gemar memainkannya, orang dewasa pun sangat menyukainya. Tak heran bila sering diadakan festival layang-layang di berbagai daerah.


Layang-layang atau layangan  adalah lembaran berbahan tipis berkerangka, yang diterbangkan ke udara dan terhubungkan dengan tali atau benang ke daratan oleh pengendali.Selain sebagai mainan,Layang-layang ini memanfaatkan kekuatan hembusan angin sebagai pengangkatnya. Benda yang satu ini, dikenal luas di seluruh dunia sebagai alat permainan.


Dari berbbagai sumber yang kami dapat permainan layang-layang merupakan  dari Cina sekitar 2500 sebelum masehi.hal ini di buktikan dengan sebuah penemuan sebuah lukisan gua di Pulau Muna, Sulawesi Tenggara, pada awal abad ke 21 yang memberikan kesan orang bermain layang-layang menimbulkan spekulasi mengenai tradisi yang berumur lebih dari itu di kawasan nusantara.

Di duga terjadi perkembangan yang saling bebas antara tradisi Cina dan nusantara karena di nusantara banyak ditemukan bentuk-bentuk primitif layang-layang yang terbuat dari daun-daunan (Daun Gadung).Dikawasan nusantara sendiri, catatan pertama mengenai layang-layang adalah dari Sejarah Melayu (Sulalatus Salatin) pada abad ke 17 yang menceritakan suatu festival layang-layang yang diikuti oleh seorang pembesar kerajaan.Dari Cina, permainan layang-layang menyebar ke barat hingga kemudian populer di eropa.





 

No comments