KIM KKJ Gelar Sosialisasi Berita Hoax


Sosialisasi berita hoax KIM KKJ Ds Karanglo Kidul Kec Jambon Kabupaten Ponorogo
KARANGLO KIDUL - Kelompok Informasi Masyarakat Karanglo Kidul Jurnalism (KIM KKJ) Desa Karanglo Kidul Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo mengadakan sosialisasi tentang berita Hoax atau berita bohong yang akhir akhir ini menjadi sorotan media massa dan masyarakat luas.(20/08).


Menurut Hadi Kurniawan selaku Ketua KIM KKJ mengatakan pertama saya mau mengucapkan selamat atas suksesnya seluruh kegiatan karang taruna "Bunga Sakti" Desa Karanglo kidul Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo,semoga semakin tambah maju dan membawa karanglo kidul lebih baik,lanjut mengenai KIM KKJ kita hari ini mengadakan sosialisasi berita hoax tepat pada saat acara jalan santai di acara karang taruna Bunga Sakti,bukan karena maksud apa apa tapi dengan alasan kami ingin menjaring masyarakat yang lebih banyak.Minggu 20/08.


"Selain berupa sosialisasi Kami  KIM KKJ juga menyebarkan pamflet mengenai berita hoax,menuru saya ada beberapa cara untuk mengidentifikasi berita hoax
  • Hati-hati dengan judul provokatif
  • Cermati alamat situs
  • Periksa fakta
  •  Cek keaslian foto
  • Cek keaslian foto
Dokumentasi ANTIHOAX KIM KKJ

Kemudian Cara melaporkan hoax

Apabila menjumpai informasi hoax, bagaimana cara mencegahnya supaya tidak merugikan orang banyak? Pengguna internet bisa melaporkan hoax tersebut melalui sarana yang tersedia di masing-masing media.

Untuk Facebook, gunakan fitur Report Status dan kategorikan informasi hoax sebagai hatespeech/harrasment/rude/threatening, atau kategori lain yang sesuai. Jika ada banyak aduan dari netizen, biasanya Facebook akan menghapus status tersebut.

Untuk Google, bisa menggunakan fitur feedback untuk melaporkan situs dari hasil pencarian apabila mengandung informasi palsu. Twitter memiliki fitur Report Tweet untuk melaporkan twit yang negatif, demikian juga dengan Instagram.

Pengguna internet dapat mengadukan konten negatif ke Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan melayangkan e-mail ke alamat aduankonten@mail.kominfo.go.id.
semoga dengan kegiatan sosialisasi berita hoax ini masyarakat menjadi lebih bijak dalam mengkonsumsi berita". Imbuh Hadi K berharap Minggu 20/08.


kegiatan ini berjalan dengan lancar,acara ini di ikuti semua masyarakat Karanglo kidul dan segenap anggota KIM KKJ. Dokumentasi Antihoax

5 comments:

  1. terima kasih atas sosialisasinya mas.....jadi lebih tau ini,,,kim maju trusssss

    ReplyDelete
  2. Harusnya memang seperti itu harus di sosialisasikan ke masyarakat

    ReplyDelete
  3. Betul sekali mas..... KIM KKJ selalu berupaya untuk menjadi bagian untuk perubahan dan juga tentunya menjadi bagian perubahan dari isu2 yg sifatnya hanya menguntungkan beberapa pihak atau berita bohong yg sangat di keluhkan masyarakat

    ReplyDelete