Masyarakat dan Pemerintah Desa Bentuk BUMDes

Masyarakat desa Karanglo kidul
https://karanglokiduljambon.blogspot.co.id
Masyarakat dan pemerintah desa karanglo kidul membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di balai desa karanglo kidul,jambon,Ponorogo,Jawa Timur,Jum'at (16/12).Pembentukan BUMDES tersebut dimaksudkan untuk pengelolaan ekonomi produktif desa  yang di lakukan secara kooepratif,partisipatif,emansipatif,transparasi,akuntabel dan sustanbel.

"Kami telah mencanangkan dana untuk tahun anggaran 2017/2018 sebesar Rp 50 juta guna untuk permodalan BUMDes, dan setelah tahun 2018 karena akan ada kepala desa baru maka kita akan membuat RPJMDes baru,"terang Carek desa karanglo kidul ditemui di lokasi,Jum'at (16/12)


"Menurut Carek Tujuan Pendirian BUMDes Empat tujuan pendirian BUMDes,diantara nya sebagai berikut 
  1. Meningkatkan Perekonomian Desa
  2. Meningkatkan Pendapatan asli Desa
  3. Meningkatkan Pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat
  4. Menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa
Pendirian dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa adalah perwujudan dari pengelolaan ekonomi produksif desa yang dilakukan secara Koorperatif,Partisifatif,Emansipatif,Transparansi, Akuntabel dan Sustaniabel. Oleh karena itu perlu upaya serius untuk menjadikan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa dapat berjalan secara mandiri,efektif,efisien dan profesional.
Guna mencapai tujuan BUMDes dilakukan dengan cara memenuhi kebutuhan (Produktif dan Konsumtif) masyarakat melalui pelayanan barang dan jasa yang dikelolaholeh masyarakat dan pemerintah desa. Lembaga ini juga dituntut mampu memberikan pelayanan kepada non anggota (pihak luar Desa) dengan menempatkan harga dan pelayanan sesuai standar pasar. Artinya terdapat mekanisme kelembagaan yang disepakati bersama, sehingga tidak menimbulkan disorsi ekonomi pedesaan disebabkan oleh usaha BUMDes." tambah Carek Desa.


Seluruh masyarakat yang hadir sangat antusias,dan menyambut baik sekaligus mendukung penuh terhadap progam BUMDes tersebut. diharapakan progam ini nantinya akan dapat memperkuat roda perekonomian desa (Bonari).

1 comment: