Kondisi Geografis WilayahKec Jambon Kab Ponorogo


Wilayah kecamatan Jambon terletak disebelah barat pusat pemerintahan Kabupaten Ponorogo. Luas wilayah Kecamatan Jambon adalah 57,48 km2, dengan batas-batasnya yaitu sebelah utara adalah Kecamatan Sampung, sebelah timur Kecamatan Kauman, sebelah selatan Kabupaten Pacitan dan sebelah barat adalah Kecamatan Badegan.
Dilihat menurut topografinya, sebagian besar wilayah Kecamatan Jambon berada pada daerah dataran dengan ketinggian rata-rata 137 meter diatas permukaan air laut. Selama tahun 2014 di Kecamatan Jambon tercatat memiliki jumlah hari hujan mencapai 45 hari. Jumlah curah hujan terbesar terjadi pada bulan Desember yang mencapai 263 mm.
Dari seluruh desa yang ada di Kecamatan Jambon yang mempunyai wilayah terluas adalah Desa Krebet dengan luas wilayah 13,96 km2 atau sekitar 24,29 persen. Sedangkan yang mempunyai wilayah terkecil adalah Desa Srandil dengan luas wilayah 0,71 km2 atau sekitar 1,24 persen dari luas wilayah Kecamatan Jambon. Menurut statusnya, seluruh wilayah administrasi di bawah kecamatan ini berstatus desa. Jika ditinjau dari jarak desa ke ibukota kecamatan, desa yang terjauh adalah Desa Jonggol yaitu sekitar 10 km, sedangkan yang terdekat adalah Desa Jambon, dimana lokasi kantor kecamatan berada.

No comments